Ayo! Bergabung di Telegram, klik disini!

5 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Fresh Graduate

Generasi millenial dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman secara cepat. Pasalnya, jika generasi millenial tidak proaktif, akan sulit untuk mengembangkan diri.

Skill Freh Graduate
Sumber gambar: Pixabay.com


Proaktif di sini memiliki banyak makna, bisa dimulai dengan mampu secara mandiri update informasi apapun, belajar dengan mencari referensi sendiri, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan fresh graduate. Fresh graduate yang haus akan lowongan pekerjaan, harus diimbangi dengan skill yang sedang dibutuhkan dunia kerja. 



Ada beberapa skill yang wajib dimiliki fresh graduate sebagai bekal untuk bekerja, diantaranya:


1. Digital literacy

Digital literacy merupakan kemampuan dalam mendapatkan, mengolah dan menganalisis informasi yang didapatkan lewat teknologi digital. 


Apalagi zaman sekarang, media sosial sudah mengambil alih perhatian. Baik muda ataupun tua, semua terobsesi dengan media sosial. 


Untuk itu, Anda juga harus pandai-pandai menggunakannya. Bisa berpikir kritis, tidak mudah terpancing dengan berita hoaks serta mampu menyaring segala informasi yang didapatkan dengan baik.


2. Leadership skill

Leadership ini merupakan kemampuan dalam memimpin orang lain, tim atau seluruh organisasi. 


Kemampuan ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Bagaimana Anda bisa beradaptasi dengan orang baru, bahkan jika diamanahi untuk memimpin dalam suatu project. 


3. Bekerja sama dan kolaborasi

Jika Anda memiliki kemampuan ini, maka akan lebih mudah mencapai target dan tujuan suatu perusahaan atau lembaga tertentu. 


Mampu bekerja sama dengan baik, juga akan meningkatkan tali persaudaraan yang sudah terjalin. 


4. Critical thinking skill

Kemampuan ini tidak dihiraukan lagi. Jika Anda mampu berfikir kritis terhadap segala hal, maka Anda bisa mengambil keputusan yang tepat dan terbaik. Karena segala tindakan pasti muncul dari pikiran terlebih dahulu. 


5. Problem solving skill

Kemampuan dalam memecahkan masalah ini juga wajib dimiliki oleh fresh graduate. Di dunia kerja, Anda akan dituntut mampu mencari solusi dari sebuah permasalahan dengan tepat. 


Demikianlah beberapa skill yang wajib Anda miliki sebagai fresh graduate.



Gayakerja merupakan blog yang memberikan berbagai informasi kepada Anda. Informasi seputar lowongan kerja, bisnis, pendidikan, teknologi, lifestyle dan lain sebagainya.

Post a Comment

Copyright © Gayakerja.my.id 2022 All Right reserved Developed by Jago Desain