Ayo! Bergabung di Telegram, klik disini!

Mengenal Lebih Dekat Program MSIB Kemendikbud

Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) merupakan program yang dicanangkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia untuk menggali

Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) merupakan program yang dicanangkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia untuk menggali dan memberikan ruang bagi pemuda mengasah keterampilan yang dimiliki. 




Program MSIB menitik beratkan pada mahasiswa untuk berlatih langsung didunia kerja yang profesional dengan perusahaan ternama yang bekerja sama dengan Kemendikbud. Melalui program ini mahasiswa diharapkan mampu melihat tantangan nyata yang dialami oleh mitra atau perusahaan tertentu. 



Lama program MSIB ini selama satu semester penuh. Jadi, mahasiswa yang mengikuti program MSIB dapat mengkonversi 20 SKS dari MSIB ke mata kuliah masing-masing. Pelaksanaan program MSIB, tidak hanya dilakukan di industri-industri saja, namun juga mendobrak lembaga-lembaga, ataupun kementerian. 


Adapun program MSIB terbagi menjadi 2, yaitu Magang dan Studi Independen. 


Program Magang

Pada program magang MSIB di mana mahasiswa bekerja di organisasi mitra sebagai trainee selama periode waktu terbatas, dengan kriteria sebagai berikut: 

  • Metode pembelajaran yang berbasis proyek riil
  • Mahasiswa didampingi mentor professional
  • Dilakukan dalam periode 1 (satu) semester
  • Mahasiswa mendapatkan peluang untuk menjadi FTE (Full Time Employee)
  • Mendapatkan sertifikat industri


Program Studi Independen

Studi independen (SI) merupakan program belajar kemandirian mahasiswa yang dibekali teori atau proyek secara nyata sesuai dengan tantangan yang dihadapi industri tersebut. 


Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pendampingan secara langsung oleh mentor profesional. 


6 Karakteristik Studi Independen Bersertifikat kampu Merdeka:

  • Metode pembelajaran yang berbasis proyek riil dan dikerjakan bersama kelompok
  • Mahasiswa didampingi oleh mentor profesional
  • Metode pembelajaran harus ada porsi syncornous, di mana mahasiswa berinteraksi secara langsung dengan pengajar, mentor dan mahasiswa lainnya
  • Dilaksanakan dalam 1 (satu) semester
  • Kurikulum pembelajaran juga termasuk pengemabngan osf skill yang terkait dengan bidang ilmu yang diajarkan
  • Mendapatkan sertifikat industri


Mahasiswa yang mengikuti program MSIB juga mendapatkan bantuan hidup. Program magang secara luring sebesar 2,8 juta perbulan atau sesuai dengan kesepakatan mitra kerja sama. Magang secara daring maksimal 1,2 juta perbulan atau sesuai dengan kesepakatan mitra kerja sama.


Program Studi Independen (SI) juga akan mendapatkan uang bulanan sebesar 1,2 juta perbulan atau sesuai dengan kesepakatan dengan mitra.




Gayakerja merupakan blog yang memberikan berbagai informasi kepada Anda. Informasi seputar lowongan kerja, bisnis, pendidikan, teknologi, lifestyle dan lain sebagainya.

Post a Comment

Copyright © Gayakerja.my.id 2022 All Right reserved Developed by Jago Desain